Senin, 25 Agustus 2014

Mari mencoba homeschooling

Summer day on august 25th 2014

Yah..untuk anak2 yang ikut sekolah di jepang khususnya di tempat kami tinggal di ishikawa, masih pada libur summer sampai tgl 30 agustus kalo ndak salah.

Saya punya anak yang harusnya masuk hoikuen (sekelas tk) tp tidak kami ikutkan..sungguh sayang memang karna dia jd ndak bisa nihongo :(. Tp tak palah karna banyak pertimbangan yg harus kami pikir2 untuk tidak mengikutkannya.

Sebenernya begini alasannya:
1. Sy ndak punya surat keterangan yg menyatakan kalo saya bekerja/kursus/studi jadi anak ndak bisa masuk hoikuen. Karna hoikuen ini ndak wajib jd anak2 boleh di rumah bersama ortunya kalo disini.
2. Pertimbangan jam sekolah yg dimulai dr jam 9pagi-4sore. 
3. Suami ingin anak homeschool sama bunda nya..hu u uhu

Beraaaat untuk bisa istiqomah dengan homeschool. Setelah 1 tahun belum nemu cara yang sistematis dan terstruktur.. Lagian juga mikirnya masih umur 5 tahun.hihihi. Jadi bunda nya agak agak males jg cari2 referensi.

Selama ini saya hanya ajarkan hafalan hadits dan juz amma, baca tulis iqro dan latin sedikit, lalu cerita cerita islam yang cuma sekedarnya, banyak hafalan doa yg terlupakan. semua saya ajarkan dengan bantuan panduan buku sekolah TK nya dulu waktu di semarang.

Memasuki umur 6 tahun, insyaAllah mau coba cari yg lebih terstruktur. Smg Allah memudahkan dan beri petunjuk, mohon doa nya semua yang mampir baca blog saya :), taklupa doa untuk yang sudah mendoakan kami jg, smg tercapai apa yg jadi keinginannya ..:)

Dalam proses memulai homeschooling yang penuh kebingungan materi dengan minim nya modal dan bahan.hehe..
Allah memberi petunjuk (semoga petunjuk jalan yg benar) melalui teman fb yang sebenernya saya ndak kenal, tetiba dia posting2 tentang homeschooling anaknya..subhanallah!!lalu saya beraksi cepat tanggap untuk merepotkan dia bertanya2..dan sungguh org baik yg semoga Allah selalu merahmatinya, dia kasih banyak bantuan menjelaskan kebingungan saya.uhuui..alhamdulillah

Dimulai dari website http://www.cmindonesia.com/ saya mulai berkelana membuat kurikulum yang mirip2 dengan metode yg dipakai charlotte mansion.

Metode charlotte mansion ini targetnya adalah bacaan org tua yang kemudian dibuat narasi oleh si anak. Cm sayang referensi nya beberapa adalah buku kristen, tapi ada baiknya karna jadi bisa dikaitkan dengan referensi buku islam.

Karna baru mau mulai sy belum bisa cerita banyak yah ttg homeschool metode ini, semoga kedepan saya bisa lebih banyak share daily plan study nya daud jg dan yg plg penting adalah smg bisa istiqomah posting. Biasanya cm semangat di awal awal aja.hehehe



 


0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template