Sabtu, 21 Maret 2015

Jadwal Homeschooling yang ramah otak - HSMN

Pembicara: Ibu Emmy Soekresno Tema: Jadwal HS yang Ramah Otak. Bagaimanakah itu? Hari/tgl: Kamis, 19Maret2015
Grup HS di whatsapp Pengantar: Bismillah. Jadwal ramah otak adalah sebuah cara untuk berkegiatan yg disenangi oleh otak. Karena belajar pakai otak maka jadwalnya harus ramah otak. Jadwal ini didalamnya terdapat kegiatan 1. Tenang, 2. Aktif, 3. Berkelompok, 4. Mandiri, 5. bebas, 6. Instruksi. Jadi dalam sehari. Kita harus punya 6 macam kegiatan itu untuk anak2 supaya seimbang. Contoh kegiatan tenang: makan, sholat, ngaji, nonton, baca. Contoh kegiatan aktif : mandi, beberes rumah, olahraga, bermain. Contoh kegiatan kelompok : sholat berjamaah, diskusi, ngobrol, masak bersama. Contoh kegiatan mendiri : menghafal, berdoa, berhias, belajar akademik. Contoh kegiatan bebas adlh anak2 bebas memilihnya dan dijinkan oleh orang tua. Contoh kegiatan berstruktur adlh kegiatan tatap muka anak dan orang tua. Pertanyaan dan Jawaban
T : Bagaimana mengkondisikan anak ketika dalam kegiatan mandiri tapi anak tersebut jadi aktif, seperti anak saya kalau belajar tidak bisa tenang? J : Kegiatan mandiri boleh ditemani tapi tidak banyak bicara. Dan kendalikan waktunya jangan lama2. Paling bisa 2 atau 3 x usia anak.
T: Aturan utk kegiatan bebas berdasarkan pilihan itu contohnya bagaimana? Terutama uutuk anak balita. J : Contohnya menggambar, mewarnai, melipat kertas, menyanyi. Beri anak beberapa pilihan yang bisa ia pilih dan kita siap melayaninya. 💟
T : Bunda, anak saya punya waktu mengaji hampir 5 waktu termasuk di sekolah. Apakah itu berlebihan? Ada khawatir juga kalau jadi bosen. J : Anak mengaji 5 waktu bosen atau tidaknya mohon ditanyakan pada anaknya. Kalau bosen berarti perpendek waktynya per sesi. Atau waktu tetap tapi sesinya dikurangi. Biarkan anak memilih.
T : Apakah jadwal yang disukai otak itu sama untuk satu anak dengan anak yg lain? J : Secara umum sama, kegiatanya pasti menyenangkan, lucu, menggairahkan, memotivasi. Contoh semua anak pasti senang jika belajar matematika dengan berbagai alat permainan spt dadu, kancing dll. 
T : assalamualaikum bu emmi, mohon dijelaskan untuk pembagian waktu kegiatan ramah otak. dan untuk anak usia 5tahun & 7tahun berapa lama kegiatan belajar efektifnya? J : Waslkm. Jadi kalau waktu ada 24 jam untuk anak dibwh 10 tahun 12 jam untuk kegiatan2 mulai dari aktif smp sangat aktif. Dan 12 jam kegiatan tenang dan istirahat, termasuk sholat, makan, snack time dan toilet time.
T : Kegiatan instruksi yg sy lakukan adl hafalan Quran..masih sedikit2...sekitar 5-10 menit / hari utk 3 anak terkecil (di bawah 6 thn). Dan sekitar 20 menit sehari utk anak terbesar (11 thn) . Bagaimana menurut Bu Emmy? Apakah kurang waktunya? Saya berencana menambah kegiatan yg sifatnya instruksi. Tapi bukan hafalan. Tapi bermain yg sifatnya mengenalkan huruf dan konsep bilangan. Apa panduan waktu utk kegiatan instruksi ini Bu. Terimakasih. J :Maaf nama kegiatannya saya ganti jadi berstruktur ya bu. Khwtr nanti jd tempat instruksi2. Hehe. Kalau berstruktur berarti berbentuk. Dan ada yg ngasuh. Untuk waktunya per sesi bisa sampai 10 menit. Dan jumlah sesi2nya bisa ditambah sampai 3x dalam sekali pertemuan. Jadi 1 hari bisa sampai 18 kali. Tersebar waktunya.
T : bu emy bagaimana kalau anak anak hanya menyenangi kegiatan jenis tertentu.misal kegiatan aktif, bebas.sementara untuk kegiatan yang lain tidak begitu suka J : Berarti kita sepakat kalau dia gak mau yg berstruktur maka yg bebas kita kurangi waktunya. Tp kalau semua mau maka waktunya bisa diperpanjang. Trus istilahnya jangan belajar tapi bersenang-senang atau kegiatan menyenangkan. Supaya ramah otak. Mis: mari kita bersenang-senang mengali dan membagi.
T : Bu Emmy, kira2 bolehkah kami "mengintip" jadwal HS (berupa kegiatan) di keluarga ibu? Dan bagaimana mengevaluasi ketepatan jadwal dan keercapaian targetnya? Terima kasih... J : HS saya bersama 4 anak )aitu 2 laki2 dan 2 perempuan. Mereka semua sudah melampaui playgroup dan TK. Jadi mereka HS tingkat SD. Karena di masa perkembangan golden age mereka harus belajar bersosialisasi. Jadi harus ikut playgroup dan TK. Minimal TK. Jadi saya mengatur anak SD dengan kesepakatan tertulis. Kami sepakat kegiatan akademik dimulai jam 7 -11. Sblm jam 7 adalah kegiatan pribadi seperti sholat subuh, mandi sarapan dan persiapan belajar.
Kegiatan di ruang belajar begitu menyenangkan. Sebelum jam 11 kami bereskan ruang belajar. Semua hasil kerja masuk ke portofolio. sampai jam 11 selesai lalu bersama2 kita masak untuk makan siang. Anak2 sdh diijinkan ke dapur untuk masak dibawah pengawasan orang tua sejak usia 4 tahun. Pada usia 7 tahun sudah resmi menjadi chef mandiri. Setelah itu anak laki2 dan ayah ke masjid sholat berjamaah. Anak perempuan dan saya di rumah sholat. Habis itu makan siang dan istirahat. Boleh tidur, main congklak, mewarnai dll. Menjelang ashar sdh siap2 mandi untuk sholat ashar dan ke TPA ke masjid. Sampai jam 17.30. Sebelum maghrib pada makan malam. Setelah maghrib pada baca qur'an atau qiroati atau ngafalin. Smp isya. Setelah sholat isya pada tidur. T : Adakah durasi untuk masing2 kegiatan? J : Ya kalau kegiatan pasti ada durasinya. Semua tergantung usia anak. Ada rumus untuk waktu konsentrasi adalah usiax1 thn. Jd kalau anak usia 7 thn. Wkt konsentrasinya baru 7 menit. Gak bisa langsung 30 menit. Tp bisa on dan off bbrp kali. Plg banyak biasanya 3 x usia anak. T : Putra putri bunda emmy berbeda usia dan tentunya tema belajarnya pun berbeda ya bun.. J : Iya berbeda2 usia dan kesenangan dan gaya belajar.

Kesimpulan: Jadwal ramah otak selalu nyaman, menyenangkan, sesuai kebutuhan dan kesenangan anak namun tetap bisa kontrol dan kiat temani anak2. Ramah otak juga tidak ada ancaman baik fisik maupun psikis. 

Semoga bermanfaat

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template