Kamis, 17 September 2015

Sirah Nabawiyah 3 - GUA HIRA - 5


   "Berhala - berhala yang bernama Hubal, Latta, dan Uzza itu tidak pernah menciptakan seekor lalat. Jadi, Bagaimana mungkin mereka akan mendatangkan kebaikan bagi manusia?" demikian pikir Muhammad. "Siapakah yang berada di balik semua ini? Siapa yang berada di balik luasnya langit dan tebaran bintang? Siapa yang berada di balik padang pasir yang panas terbakar kilauan sinar matahari? Siapa pencipta langit yang jernih dan indah, langit yang bermandi cahaya bulan dan bintang yang begitu lembut, begitu sejuk? Siapa pembuat ombak yang berdebur dan penggali laut yang begitu dalam? Siapa yang berada di balik semua keindahan ini?"

   Demikianlah, Muhammad tidak mencari kebenaran dalam kisah - kisah lama atau tulisan para pendeta. Dia mencari kebenaran lewat alam. Dia mengasingkan dirinya dari keramaian dan pergi ke Gua Hira.

   "Betapa sia - sianya hidup manusia, waktu terus berlalu, sementara jiwa - jiwa rusak karena di kuasai berhala - berhala yang sesungguhnya tidak mampu melakukan apa pun. Betapa sia - sianya manusia kerena tertipu dengan segala macam kemewahan yang tiada berguna" demikian renung Muhammad.

   Saudaraku, beliau mengasingkan diri seperti igu beberapa hari setiap bulan dan sepanjang bulan Ramadhan. Semakin lama, jiwanya semakin matang dan semakin terisi penuh. Sampai suatu ketika, saat usia Muhammad menginjak 40 tahun, datanglah seseorang yang bukan dari dunia ini menemui beliau di Gua Hira. Muhammad yang pemberani dan tenang itu amat terkejut melihat nya. Tahukah kalian siapa yang datang itu?

                                   ====bersambung====

Eñsiklopedia Mini

Tahannuts

Apa yang dilakukan Muhammad di Gua Hira itu dinamakan Tahannuts. Tahannuts adalah menyendiri dalam rangka beribadah kepada Allah. Dalam bertahannuts, orang menjelajahi hati dan memikirkan perjalanan hidup nya yang timpang. Dalam tahannuts, orang yang menyatukan kembali jiwa dan fisiknya. Sebab dalam kehidupan, orang sering lebih memikirkan fisik dan melupakan jiwa.

Sumber : Buku Muhammad Teladanku jilid 3 halaman 10-11( Menjadi Rosul )

#MuhammadTeladanku
#OneDayOneShiroh
#SygmaDayaInsani

Daftar isi 

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template