Kamis, 17 September 2015

Sirah Nabawiyah 3 - PANDAI BERGAUL - 3



   Saudaraku pecinta Rosulullah, Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sangat pandai bergaul dengan siapa saja. Beliau mempunyai banyak kenalan baik, mulai dari budak sampai para pembesar. Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sangat menghormati sahabat - sahabat nya. Bahkan, banyak di antara mereka yang beliau beri julukan "kesayangan". Sebaliknya, para sahabat pun amat menyayangi Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Sebagian mereka memberi Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dengan julukan "kesayangan" juga. Abu Dzar memberi julukan "khalil" kepada Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Khalil berarti 'teman' atau 'kekasih'.

   Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidak pernah menolak undangan. Sesibuk apa pun, Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selalu bisa membagi waktu dengan baik untuk memenuhi sebuah undangan. Hal - hal seperti ini membuat beliau amat di hormati dan dihargai lawan ataupun kawan.

  Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjadi orang yang di sayangi dengan tidak banyak mengumbar bicara. Sebaliknya, beliau malah lebih suka mendengar daripada berbicara. Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selalu berkata seperlu nya. Kalau bicara, kata - katanya mengalir lancar dari celah gigi - giginya. Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selalu bicara ke pokok masalah, jelas, tanpa bertele - tele.

   Jika sedang marah, wajah beliau berubah, tetapi beliau selalu menyembunyikannya dari orang lain. Kalau disakiti, beliau membuang wajahnya ke samping. Kalau gembira, Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menundukkan kepala. Canda beliau selalu sopan dan tidak pernah tertawa terbahak - bahak. Tertawa beliau hanya senyum.

   Saudaraku pecinta Rosulullah, selain amat menyayangi sesama manusia, beliau adalah penyayang binatang. Tahun 630 Masehi, beliau pernah berjalan memimpin sepuluh ribu tentara Muslim. Saat itu, Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam melihat seekor anjing bersama anak - anaknya menghalangi jalan. Beliau memerintahkan agar pasukan tidak mengganggu sang induk anjing dan anak - anaknya. Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bahkan memerintahkan seorang prajurit menjaga anjing itu sampai semua pasukan lewat.

  Mungkin kalian bertanya, dengan pribadi sehebat itu, apakah Muhammad sudah tahu tentang Allah sebelum beliau di angkat menjadi utusan- Nya?

                               =====bersambung====

Eñsiklopedia mini :

Allah Telah Dikenal Sebelum Islam datang

Orang - orang jahiliah telah mengenal Allah. Hal itu adalah bekas dari ajaran Nabi Ibrahim. Namun, mereka menggunakan berhala sebagai perantara kepada Allah. Mereka bahkan mempunyai banyak berhala yang akhirnya di anggap sebagai Tuhan selain Allah.

Sumber : buku Muhammad Teladanku jilid 3 ( menjadi Rosul ) hal 6-7

Daftar isi

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template