Kamis, 17 September 2015

Sirah Nabawiyah 3 - MENCINTAI ANAK-ANAK - 2

 " MENCINTAI ANAK-ANAK "

    Sejak masa mudanya, Rasulullah amat mencintai anak - anak. Sewaktu pulang dari perang Badar, beliau mengajak Usamah, putra Zaid bin Haritsah, naik unta bersama. Saat itu, Usamah berusia sepuluh tahun.

    Rasulullah adalah kakek yang penyayang. Beliau sangat sering bermain dengan cucu - cucunya. Beliau membiarkan Umamah, putri Zainab  dan Abu Al Ash, menarik - narik jubah saat beliau sedang shalat. Bahkan, Rasulullah membiarkan Umamah menunggangi punggung ketika beliau juga sedang shalat.

    Suatu hari, Rasulullah pernah berkumpul dengan para istrinya, Beliau menggendong Umamah sambil mengeluarkan seuntai kalung.

" Kalung ini akan kuberikan kepada orang yang paling aku cintai, " kata Rasulullah sambil memandang istrinya satu per satu.

    Para istri Rasulullah saling memandang dengan memendam rasa berdebar. Siapakah di antara mereka yang akan mendapatkan kalung itu? Ketika Rasulullah melihat candanya mengena, sambil tersenyum, beliau memberikan kalung itu kepada Umamah.

    Pada saat itu, Rasulullah pernah dikencingi seorang bayi sampai baju beliau basah. Ibu sang anak merenggut anaknya dari gendongan Rasulullah dengan keras. Melihat hal itu, Rasulullah langsung berkata, " Air kencing ini bisa dibersihkan, tetapi hati seorang anak yang dipukul akan tetap terluka."
Setelah itu, beliau pun melaksanakan shalat tanpa berwudhu lagi. Beliau hanya mencipratkan air pada pakaian yang terkena kencing.

    Saudaraku tercinta, ada seorang anak yang sering dikunjungi Rasulullah. Suatu saat, anak itu tampak murung karena burung peliharaannya lepas. Rasulullah pun segera datang dan membuat anak itu tersenyum kembali. Rasulullah juga banyak menghabiskan waktu bermain dengan anak - anak kaum Muslimin yang lahir di negeri hitam Habasyah. Beliau tersenyum melihat mereka mengucapkan kata - kata dalam bahasa Habasah yang terdengar lucu.

                                  ------ bersambung ---------

Ensiklopedi Mini

Kuda kesayangan Rasulullah

Tahukah kamu bahwa Rasulullah punya kuda kesayangan ? Kuda kesayangan Rasulullah cokelat dengan belang putih di dahi. Keempat kakinya pun berwarna putih dari lutut ke bawah.


Sumber : Buku Muhammad Teladanku, halaman 4 - 5, jilid 3 ( Menjadi Rasul ).

Sygma Daya Insani,
Jawa Barat

Daftar isi

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template