Senin, 06 Januari 2014

10 Aplikasi iphone gratis untuk anak muslim

Udah ga susah ya sekarang orang tua ngajarin anak anaknya..karna berbagai media interaktif bermunculan, selain media peraga banyak lahir gadget-gadget canggih yang sangat diminati orang tua untuk membantu mereka mengajarkan banyak hal tanpa perlu repot menjelaskannya.

Bagi seorang muslim wajib memberikan bekal agama kepada anak-anaknya. Nah, bagi anda yang memiliki perangkat iphone, ada beberapa aplikasi fun dan mendidik yang bisa sangat membantu anda untuk menambah pengetahuan anak-anak

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan karakter anak.

1. Muslim kids series: Dua
Aplikasi doa ini memberikan 39 list doa sehari-hari dan tersedia versi bahasa indonesia. Di setiap doa terdapat gambar yang memberikan pemahaman maksud dari doa dan pengisi suaranya anak-anak sehingga lebih menarik. Sayang untuk artinya belum ada suaranya
Aplikasi ini cocok digunakan untuk anak usia 3tahun keatas. 



2. Muslim kids seriesHijaiya
Aplikasi hijaiya (hijaiyah) ini membantu anak mengenal, membaca dan menulis huruf hijaiyah. Dapat digunakan untuk anak-anak umur 2tahun keatas

 


3. Muslim kids series : wudu
Aplikasi ini mengajari anak untuk belajar wudhu. Meski dari aplikasi ini hanya terdapat versi bahasa inggris, diharapkan anak-anak bisa memahami cara berwudhu dengan benar. Jika anak yang belum tahu urutan wudhu dengan benar sebaiknya didampingi karena aplikasi tidak menunjukkan urutan angka dari mana dimulai, meski pengaturan menu nya sudah urut.



4. Little muslims
Jenis game yang memberikan pengetahuan anak tentang islam. Permainan mencocokkan gambar/kartu yang terdiri dari 2 level mudah (easy) dan sulit (hard). Ketika terdapat dua gambar yang cocok maka aplikasi ini memberikan penjelasan mengenai gambar yang dimaksud. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa inggris. Jadi sebaiknya anak didampingi ketika bermain game ini agar anak paham.

 

5. Salah for kids
Aplikasi belajar sholat untuk anak. Untuk versi free-nya hanya sholat subuh (fajr). Untuk dzuhur sampai isya aplikasi nya berbayar. Tapi sudah cukup bagus karena sudah lengkap semua bacaan sholat dari takbirotul ikram sampai salam. Hanya saja aplikasi ini berbahas inggris dan file yang lumayan besar akan butuh waktu untuk download :). Tersedia juga game untuk menambah pengetahuan anak.
Aplikasi ini cocok untuk anak usia diatas 3 tahun.


6. My Dua Buddy
Aplikasi ini sangat bagus diperdengarkan untuk anak sejak umur 1,5 tahun karena aplikasi nya menarik dan lucu. Cuma sayang tidak semua aplikasi ini gratis. 

Dengan icon kelinci yang memperagakan cara berdoa dan menirukan suara ketika kita berbicara maka anak-anak akan sangat menyukainya. Seperti misalnya doa mau makan, maka akan disediakan makanan (wortel) dan si kelinci berdoa dulu sebelum makan. Lalu anak bisa mengambil makanan tadi dengan klik dan si kelinci pun makan. Setelah makanan habis si kelinci pun akan membaca doa sesudah makan. Begitupun dengan doa tidur. Jika anak anda suka maka Anda bisa melanjutkan membuka semua kunci menu dengan membayar harga yang cukup murah.



7. Adnan
Terdapat 3 menu pada aplikasi ini.
Belajar menghafal juz amma (memorize amma), belajar berdoa (Al-athkar room) dan mengenal huruf hijaiyah (arabic alpabeth). Dan terdapat 2 versi bahasa arab dan inggris

Untuk hafalan juz amma, ada menu pengulangan maksimal 3 kali. Dan setiap ayat bisa dipilih (ditandai dengan warna merah) kemudian diulang ulang, di-pause dan play sesuka hati. Ada suara pengajar dan ada suara anak-anak sebagai muridnya. Aplikasi ini sangat bagus untuk anak usia 4 tahun keatas.

Di al athkar room terdapat suatu ruangan yang seolah-olah mengingatkan anak untuk berdoa saat melakukan aktifitas. Ada perabot yang mengeluarkan bunyi dan bergerak, ada juga yang ketika diklik memunculkan keterangan doanya. Beberapa doa yang tersedia: 
- doa pagi dan malam
- doa sebelum dan bangun tidur
- doa memakai pakaian
- doa masuk dan keluar masjid
- doa masuk dan keluar rumah
- doa sebelum dan sesudah makan
Jika download yang versi bahasa inggris, maka doa yang tampil tetap keluar bahasa inggris tidak bahasa arab. 



8. My Arabic Word

Aplikasi ini mengajarkan anak mengenal kosakata bahasa arab. Seperti puzzle anak-anak diminta menyusun huruf agar menjadi suatu kata pada gambar yang ada.


9. Hajj Trip
Lagi, aplikasi gratis berbahasa inggris yang menambah pengetahuan anak tentang berhaji sebagai cerita sebelum tidur, terdapat pilihan autoplay atau baca manual. Dengan gambar interaktif yang bisa diklik kemudian mengeluarkan suara akan menambah daya tarik anak.


10. Year of the elephant
Meski cerita ini berbahasa inggris, orang tua tetap bisa menceritakan kisah ini dengan menarik, karena gambar yang interaktif disertai suara-suara yang muncul di setiap halaman. Cerita ini berkisah tentang tahun gajah dimana raja abraham dan pasukan gajah yang akan meruntuhkan kabah.

Meski di pertengahan halaman terdapat menu yang dianjurkan untuk membayar aplikasi tersebut, halaman selanjutnya tetap bisa dibuka dengan memilih menu i cannot affod to buy


semoga aplikasi di ataa bermanfaat ☺

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template