Rabu, 04 November 2015

Sirah Nabawiyah 4 - BERDAKWAH TERANG-TERANGAN - 10

 BERDAKWAH TERANG-TERANGAN

       Saudaraku tersayang, keesokan harinya Umar mengingat-ingat siapa yang paling keras memusuhi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Jawabannya pun langsung ditemukan "Abu Jahal!" Tanpa membuang waktu, Umar mengetuk pintu Abu Jahal. Abu Jahal keluar dan menyambut Umar, "Selamat datang, wahai kemenakanku! Kabar apakah gerangan yang engkau bawa?"

       "Aku datang untuk memberitahukan kepadamu bahwa aku telah mempercayai ajaran Muhammad!"

        Wajah Abu Jahal pucat. Sambil membanting pintu. Ia berseru lantang. "Mudah-mudahan Allah akan mengutukmu.  Alangkah buruknya apa yang engkau bawa!"

       Tidak berhenti sampai disitu, disepanjang jalan Umar memberitahu setiap orang bahwa ia telah memeluk islam.

       Setelah itu, Umar pergi ke Ka'bah dan mengumumkan keislamannya. Rasa takut dan benci semakin membengkak di hati orang-orang Quraisy yang masih kafir.

       Setelah masuk islam, Umar bertanya, "Wahai Rasulullah bukankah kita berada diatas kebenaran mati maupun hidup?"

       Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Membenarkannya dengan tegas, Umar meminta agar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan kaum muslimin keluar secara terang-terangan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Menyetujui hal itu. Beliau dan umatnya pun keluar ke jalan-jalan kota Mekkah dalam dua barisan menuju Masjidil Haram. Barisan kanan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dipimpin oleh Hamzah dan dibarisan sebelah kiri dipimpin oleh Umar bin Khatab.

       Sejak itulah Umar digelari Al Faruq( sang pembeda kebenaran dan kebatilan )

------- bersambung -------

Ensiklopedia Mini:

VERSI LAIN KEISLAMAN UMAR BIN KHATAB

Menurut versi lain, keislaman Umar bin Khatab terjadi setelah ia mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membaca ayat Al Qur'an pada malam hari. Saat itu , Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berada di Ka'bah. Setelah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pulang, ia mencegat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pulang, di antara rumah Abbas dan Ibnu Azhar. Di saat itulah Umar menyatakan diri masuk islam. Wallahu 'alam bishawab.

Sumber :
Buku Muhammad Teladanku jilid 4( Ketabahan  ) hal 20-21
🇮🇩 Sygma Daya Insani -JABAR

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template