Rabu, 04 November 2015

Sirah Nabawiyah 4 -" SURAT FUSHILAT"-2

  " SURAT FUSHILAT"

  Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam lalu membaca ayat - ayat Al Qur'an Surat Fushilat mulai dari ayat pertama, " Haa miim, ( Al Qur'an ini ) di turunkan darinTuhan Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Kitab yang ayat - ayatnya dijelaskan, bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui. Yang membawa berita gembira dan peringatan, tetapi kebanyakan mereka berpaling ( darinya ), serta tidak mendengarkan. Mereka berkata, 'Hati kami sudah tertutup dari apa yang engkau seru kami kepadanya dan telinga kami sudah tersumbat, dan di antara kami dan engkau ada dinding, karena itu lakukanlah ( sesuai kehendakmu ), sesungguhnya kami akan melakukan ( sesuai kehendak kami )" (QS Fushshilat 41: 1-5 ).

   Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam terus membacakan ayat - ayat lanjutannya yang menuturkan tentang Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang hanyalah seorang pemberi peringatan, tentang gunung - gunung yang kukuh, tentang penciptaan langit dan tujuh lapisannya, tentag azab petir yang menimpa kaum Tsamud, tentang ngerinya nasib kaum kafir yang menolak wahyu dari Allah Subahanahu Wa Ta'ala.

   Ayat - ayat itu begitu mempesona Utbah sampai ia lupa pada apa yang telah ia tawarkan kepada Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Hatinya semakin hanyut , larut, dan .... " Cukuplah, Muhammad, Cukuplah sekian saja!" Seru Utbah. Ia diam sejenak, lalu kemudian bertanya lagi, "Apakah engkau dapat menjawab selain yang tadi engkau baca?"

    " Tidak,"

    Utbah terpana

    " Jadi, inilah Muhammad, " pikirnya, " Laki - laki ini bukan orang yang ingin memiliki gunungan harta, kedududkan, kerajaan, dan sama sekali bukan orang sakit. Ia hanyalah orang yang ingin menunjukkàn kebenaran dan mengajak orang kepada kebaikan. Ia mempertahankan tugasnya dengan baik sekali dan ia tadi mengucapkan kata - kata penuh mukjizat . . . ."

   Begitulah, Saudaraku. Akhirnya Utbah bin Rabi'ah kembali dengan tangan hampa. Para pembesar Quraisy pun kecewa karena Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menolak tawaran mereka. Kemudian, penganiyaan dan siksaan terhadap kaum Muslimin pun semakin ganas.

                       ==== Bersambung ====

Ensiklopedi Mini :

Tiga Alat Tes

Pendeta Yahudi Madinah pernah memberi saran kepada Quraisy untuk bertanya kepada Nabi tentang tiga pertanyaan. Jika Nabi menjawab dengan baik, berarti beliau telah terbukti sebagai Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Tiga pertanyaan itu adalah : satu, tanyakan tentang para pemuda yang hilang pada Zaman dahulu ( Ashabul Kahfi ); kedua, tanyakan tentang pengembara yang mencapai kedua ujung dunia ( Dzulqarnain ); ketiga, tanyakan tentang roh. Ketiganya di jawab Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, tetapi kaum Quraisy tidak bisa menerimanya.

Sumber : Buku Muhammad Teladanku
Jilid 4 ( Ketabahan )
Halaman 4-5

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template