Senin, 27 Juli 2015

Sirah Nabawiyah 2 - ABDUL MUTHALIB WAFAT - 8

"ABDUL MUTHALIB WAFAT,"

Muhammad dibawa pulang oleh Ummu Aiman. Ia pulang sambil menangis dengan hati pilu karena kini sebatang kara. Muhammad makin merasa kehilangan. Ia menjalani takdir sebagai seorang anak yatim piatu. Terasa olehnya hidup yang makin sunyi dan makin sedih.

Baru beberapa hari yang lalu, ia mendengar dari ibundanya keluhan duka kehilangan ayahanda semasa dia dalam kandungan. Kini, dia melihat sendiri di hadapannya, ibunya pergi untuk tidak kembali lagi, seperti ayahnya dulu. Tubuh Muhammad yang masih kecil itu kini memikul beban hidup yang berat, yaitu sebagai yatim piatu.

Ketika tiba di Mekah, Abdul Muthalib menyambut kedatangan cucunya itu dengan rasa iba yang dalam. Kecintaan Abdul Muthalib pun semakin bertambah kepada Muhammad.

Rasa duka Muhammad mungkin agak ringan jija kakeknya, Abdul Muthalib, dapat hidup lebih lama lagi. Namun Allah Subhanahu Wa Ta'ala sudah menentukan lain. Pada usia 80 tahun, sang kakek pun meninggal dunia. Saat itu Muhammad berusia delapan tahun. Ia mengiringi jenazah kakeknya ke kubur sambil menangis.

Sahabat-sahabat tercinta, kenangan sedih sebagai anak yatim piatu membekas begitu dalam pada di Rasulullsh Shalallahu 'Alaihi Wassalam sehingga di dalam Al Qura'an pun disebutkan ketika Allah mengingatkan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam akan nikmat yang dianugerahkan kepada beliau di tengah kesedihan itu,

"Bukankah engkau dalam keadaan yatim piatu, lalu diadakan-Nya orang yang akan melindungimu? Dan menemukan kau saat kau kehilangan pedoman, lalu ditunjukan-Nya jalan itu?"(Q.S. Ad Dhuha, 93: 6-7)

===to be continued===

Ensiklopedia mini

Keluarga Umayyah

Kematian Abdul Muthalib merupakan pukulan berat bagi keluarga Hasyim, tak ada anak-anak Abdul Muthalib yang memiliki keteguhan hati, kewibawaan, pandangan tajam, terhormat, dan berpengaruh di kalangan Arab seperti dirinya. Keluarga Umayyah lalu tampil ke depan mengambil tampuk pimpinan yang memang sejak dulu mereka inginkan tanpa menghiraukan ancaman yang datang dari keluarga Hasyim.

Sumber Muhamad Teladanku Jilid 2 (Masa Muda) hal 16-17

#SygmaDayaInsani
#MuhammadTeladanku
#OneDayOneShiroh

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template