Senin, 27 Juli 2015

Sirah Nabawiyah 2 - SARAN BUHAIRA KEPADA ABU THALIB - 13

"SARAN BUHAIRA KEPADA ABU THALIB"

Saudaraku tercinta, Buhaira pun menanyakan banyak hal sekali kepada Muhammad :
Tentang tidur Muhammad, postur tubuh Muhammad, dan banyak lagi hal lainnya. Muhammad menjawab semuanya dan semua jawabannya itu  sesuai benar dengan perkiraan Buhaira. Kemudian Buhaira melihat punggung Muhammad dan mendapati tanda kenabian diantara kedua bahu Muhammad. Tanda kenabian itu seperti bekas orang berbekam.

Setelah itu , Buhaira mendekati Abu Thalib dan bertanya kepadanya, "Apakah anak  muda ini anakmu?"
"Ya dia anakku,"jawab Abu Thalib.
 Buhaira menggeleng . "Tidak ,dia bukan anakmu. Anak muda ini tidak pantas mempunyai ayah yang masih hidup."
Abu Thalib agak tercengang, lalu ia pun mengangguk, "kau benar. Ia bukan anakku. Ia anak saudaraku."

Buhaira mengangguk-angguk puas puas, lalu bertanya lagi, "apa yang dikerjakan ayahnya?"
"Ayahnya telah meninggal dunia ketika ia masih berada dalam kandungan ibunya."

"Engkau benar," kata Buhaira menghela napas dalam-dalam. kemudian, sambil berbisik, ia menyampaikan sebuah saran dengan sungguh-sungguh, " sekarang,dengar saranku baik-baik, bawa anak saudaramu ketempat negri asalmu sekarang juga! Jaga dia dari orang-orang yahudi! Demi Allah, jika mereka melihat padanya seperti apa yang aku lihat, mereka pasti membunuhnya. Sesungguhnya, Ia akan terjadi sesuatu yang besar pada diri anak saudaramu ini. Karena iti segera bawa pulang dia ke negeri asalmu!"

Abu Thalib tampak ketakutan dengan peringatan itu. Ia yakin bahwa apa yang dikatakan Buhaira itu benar. maka , segera setelah urusan bisnisnya selesai, Abu Thalib segera membawa Muhammad pulang. Sesulit apapun beban hidupnya, Abu Thalib tidak pernah lagi berdagang ke tempat jauh demi melindungi keponakannya itu.


Ensiklopedia Mini

Buhaira ,Ada atau Tidak ?

Ada juga ahli sejarah Islam yang meragukan kebenaran tentang adanya seorang pendeta bernama Buhaira. Alasannya : tidak ada petunjuk yang kuat tentang adanya pertemuan Muhammad dengan Buhaira. Akan tetapi, satu hal yang pasti , Muhammad memang melewati kota Bushra, tempat tinggal Buhaira dan rumah ibadahnya, jika ia memang ada. Wallahu a'lam bishawab.

Sumber : buku Muhammad Teladanku jilid 2

#SygmaDayaInsani
#MuhammadTeladanku
#ONeDayOneShiroh

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template