Senin, 27 Juli 2015

Sirah Nabawiyah 2 - AMINAH WAFAT - 7


🍀AMINAH WAFAT🍀

Dalam perjalanan itu, Aminah membawa  Ummu Aiman, budak perempuan peninggalan Abdullah. Sesampainya di Yatsrib, mereka disambut oleh saudara-saudara Aminah. Kepada Muhammad diperlihatkan rumah tempat ayahnya meninggal dulu serta tempat  Abdullah dikuburkan. Itu adalah saat pertama Muhammad benar-benar merasa dirinya sebagai anak yatim. Apalagi ia mendengar ibunya bercerita panjang lebar tentang sang ayah tercinta yang setelah beberapa waktu tinggal bersama-sama, kemudian meninggal dunia di tengah- tengah pamannya dari pihak ibu.

Saudaraku tercinta, sesudah hijrah, pernah juga Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam menceritakan kepada sahabat-sahabatnya kisah perjalanan masa kecil beliau ke Yatsrib yang saat itu telah berubah nama menjadi Madinah. Beliau amat terkenang dengan perjalanan bersama bundanya itu, kisah perjalanan yang penuh cinta pada Madinah, kisah yang penuh duka pada orang yang ditinggalkan keluarganya.

Sesudah cukup sebulan tinggal di Madinah, mereka pun bersiap pulang. Mereka berjalan dengan menggunakan dua ekor unta yang membawa mereka dari Mekah. Akan tetapi, di tengah perjalanan, di sebuah tempat bernama Abwa, bunda Aminah menderita sakit hingga kemudian meninggal di tempat itu.

"Ibu! Ibu!" panggil Muhammad kepada ibunya yang kini membujur kaku.

Dalam pelukan Ummu Aiman, dengan air mata meleleh, Muhammad menyaksikan tubuh ibunya dikuburkan di tempat itu.

Begitulah, pada usia enam tahun, Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam telah menjadi anak yatim piatu. Siapakah yang kemudian mengasuh beliau?

---- to be continued-----

Ensiklopedia mini :

          ABWA

Abwa adalah sebuah dusun yang terletak di antara Madinah dengan Juhfa. Jaraknya 23 mil (37 km) dari Madinah.

Sumber : Buku Muhammad Teladanku jilid 2 (Masa Muda) halaman 14-15

#SygmaDayaInsani
#MuhammadTeladanku
#OneDayOneShiroh

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template