Senin, 27 Juli 2015

Sirah Nabawiyah 2 - WANITA SUCI - 20

WANITA SUCI

Khadijah mempunyai seorang paman bernama Waraqah bin Naufal. Waraqah adalah sanak saudara Khadijah yang paling tua. Dia sangat mengutuk kebiasaan bangsa arab yang menyembah berhala sehingga menyimpang jauh dari yang telah diajarkan Nabi Ibrahim Alaihi Sallam Waraqah sendiri adalah hamba Allah yang setia dan lurus. Dia tidak pernah meminum minuman keras dan berjudi. Dia murah hati terhadap orang-orang miskin yang membutuhkan pertolongan.

Khadijah sangat terpengaruh dengan pemikiran Waraqah bin Naufal. Khadijah sangat membenci berhala dan patung-patung sesembahan. Bersama beberapa keluarganya, Khadijah adalah pengikut setia Nabi Ibrahim Alaihi Sallam dan Nabi Ismail Alaihi Sallam Jika mendengar ada anak perempuan akan dikubur hidup-hidup, Waraqah dan Khadijah akan segera pergi menemui sang ayah dan mencegah perbuatannya. Jika kemiskinan merupakan alasan rencana pembunuhan itu, Khadijah dan Waraqah akan membeli anak itu dan membesarkannya seperti anak kandung sendiri.

Sering kali beberapa waktu setelah itu, ayah si anak menyesali perbuatannya dan mengambil putrinya kembali. Waraqah dan Khadijah akan memastikan dulu bahwa anak itu akan diasuh dengan benar dan disayangi, setelah itu barulah dia mengizinkan sang ayah membawa anaknya kembali.

Budi pekerti Khadijah yang agung, santun, lembut, dan penuh keteladanan ini membuat semua orang menjuluki Khadijah At Thahirah atau 'Khadijah yang suci'. Pertama kali dalam sejarah bangsa arab seorang wanita dijuluki demikian, padahal orang arab pada masa jahiliah itu sangat mengagungkan laki-laki dan merendahkan wanita.

Bagaimana kisah pertemuan Khadijah dengan Muhammad?

----bersambung----

Ensiklopedia mini

Para Saudagar Wanita

Selain Khadijah,ada pula beberapa saudagar wanita terkenal. Diantaranya adalah Hindun,istri Abu Sufyan dan Asma binti Mukharribah, ibu Abu Jahl. Para saudagar wanita ini biasanya juga menjual keperluan wanita seperti pakaian, parfum, perhiasan emas dan perak, permata, dan obat-obatan. Barang-barang ini tidak memerlukan banyak ruang, ringan, dan laku keras dimana-mana.

Sumber : Buku Muhammadku Teladanku
Jilid 2 (Masa Muda)
Halaman 40-41

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template