Senin, 27 Juli 2015

Sirah Nabawiyah 2 - RUMAH TANGGA MUHAMMAD - 31

"RUMAH TANGGA MUHAMMAD"

  Saudaraku pecinta Rosulullah, Muhammad selalu membuat suasana rumah nya menjadi hidup dgn canda dan keramahan. Beliau suka berkelakar kepada siapapun. Bukan hanya kepada istri dan putri -putri nya, beliau juga amat ramah kepada pembantunya.

  Anas bin Malik adalh pembantu rumah tangga Muhammad setelah beliau diangkat menjadi Rosulullah dan hijrah ke Madinah. Dia pernah ikut keluarga Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selama dua belas tahun. Dengarlah yang Anas katakan, "Saya melayanini Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sejak saya berusia delapan tahun. Selama dua belas tahun, beliau belum pernah memarahi saya satu kali pun walau saya melakukan kesalahan".

  "Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam paling suka makan sambil duduk bersila di lantai," kata Anas bin Malik lagi. Beliau paling suka makan bersama. Beliau pernah berkata, "Sungguh malang orang yang makan sendirian,"

   "Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam gemar makan daging, tetapi beliau lebih sering menyantap kurma dan minum susu. Jika ada yang menyuguhinya semangkuk susu, beliau akan berkata, "Allah memberi rahmat pada susu. Mudah - mudahan masih ada lagi,"

  Saudaraku pecinta Rosulullah, sejak muda, Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam amat gemar memakai parfum. Bau wewangian itu akan membuat orang- orang di sekitar nya merasa senang. Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidak menyukai baju berwarna merah. Beliau lebih suka baju berwarna lurik atau putih.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam juga gemar memakai serban dengan salah satu ujungnya menggelantung di antara pundak. Beliau tidak pernah menggunakan baju yang seluruh nya terbuat dari sutra.

Saudaràku pecinta Rosulullah, kemudian datang lah satu orang yang amat Muhammad sayangi.Begitu sayangnya sampai beliau mengangkat nya sebagai anak. Siapakah orang yang beruntung itu ?

----- Bersambung ----

Eñsiklopedia mini

Siwak

Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam amat bersih. Beliau sangat sering berwudhu. Pakaian nya juga tidak pernah kotor. Beliau selalu membawa siwak kemana - mana. Siwak adalah batang semak gurun sebesar pensil. Siwak digunakan untuk membersihkan gigi. "Kalau saya tidak ingin nanti memberatkan umat, saya akan mewajibkan kegiatan membersihkan gigi" sabda Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam kemudian.

Sumber : Buku Muhammad Teladanku jilid 2 ( masa muda ) halaman 62-63

0 komentar:

 

Cuman Cerita Kami Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template